Bagaimana cara antivirus mendeteksi Virus

Bagaimana cara antivirus mendeteksi VirusAntivirus adalah salah satu program komputer yang berfungsi untuk melindungi PC kita dari serangan program-program jahat seperti Worm, Trojan, Virus, dan lainnya.
Bagaimana cara antivirus mendeteksi Virus


Setiap antivirus memiliki Kelebihannya masing-masing tergantung si programmernya. Biasanya programmer menambahkan alur-alur logika antivirus dalam pendeteksiannya terhadap virus.

Secara global, antivirus menggunakan alur logika Ceksum. Ceksum ini biasanya digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada sebuah file. Dan programmer antivirus memanfaatkannya untuk mencurigai sebuah file tersebut virus atau bukan.

Macam-macam ceksum yang banyak digunakan adalah MD5, CRC32, dan lain-lain. Tidak semua antivirus menggunakan ceksum yang sama dengan yang lain. Contohnya saja Smadav. Smadav menggunakan ceksum yang dibuat sendiri dan masih rahasia.

Selain menggunakan ceksum, sang programmer biasanya menambahkan logika tambahan pada programnya yang disebut heuristic. Heuristic ada bermacam-macam, contohnya icon. Metode menggunakan heuristic icon hampir sama dengan metode ceksum. Bedanya, logika ini berdasarkan icon.

Metode heuristic yang umum berikutnya adalah string, dan masih banyak lagi. Dan biasanya antivirus-antivirus yang besar menggunakan caranya masing-masing, oleh karena itu pemilihan antivirus yang tepat untuk PC anda sangat perlu.

Sekian info dari saya tentang Bagaimana cara antivirus mendeteksi Virus. Tolong jangan copas artikel ini tanpa seijin dari penulis. - Bagaimana cara antivirus mendeteksi Virus
Title: Bagaimana cara antivirus mendeteksi Virus ; Written by Alfian Pratama ; Rating: 5 dari 5