Daftar Sistem Operasi Komputer yang Banyak Penggunanya

Operating system atau Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Logo - logo sistem operasi

Windows adalah Sistem operasi dengan pengguna paling banyak di Dunia. dengan kemudahan dan dukungan Software yang luas dan ditambah sokongan dana dari Microsoft yang melimpah membuat sistem operasi ini semakin menjadi primadona.

Selain windows, ada juga berbasis Linux yang hadir dengan dukungan komunitas yang luas serta Mac OS, Sebuah sistem yang khusus untuk komputer apple.

Daftar Sistem Operasi komputer yang Banyak Penggunanya:

1. Microsoft Windows

Sistem operasi ini dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan sistem operasi paling populer dan banyak penggunanya diseluruh dunia.

Logo Microsoft Windows


Windows 7 adalah seri yang banyak penggunanya dibanding seri yang lain. sedangkan Windows Vista bisa dianggap produk gagal dari Microsoft karena berbagai kelemahannya dan dianggap tidak mampu menandingi windows XP.

Saat ini, Windows 8.1 adalah seri terbaru, tapi baru saja Microsoft mengkonfirmasi telah meluncurkan Windows 10 yang bisa diunduh, namun masih tahap Preview.

2. Mac OS

Logo Mac OS

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Sistem ini tidak bisa sembarangan diinstall di komputer. hanya kompuer Machintosh saja dan sebagai Alternatif, anda bisa menggunakan HackinTosh yang merupakan hasil oprekan dari Mac OS.

3. Berbasis Linux

Yang terakhir adalah sistem operasi berbasis linux atau sering disebut "Distro". banyak yang mengartikan Linux adalah Sistem Operasi, tetapi sebearnya Linux adalah Kernel, yaitu Fondasi untuk membangun sebuah Sistem Operasi. Linux dikenal dengan Open Sourcenya dan Gratis serta mudah mendapatkan Kode Sumber (Source Code) sehingga mudah dikembangkan dan dengan dukungan komunitas yang luas.

Pinguin, Logo Linux

Contoh Distro linux populer adalah Linux Mint, Ubuntu, Debian dan lainnya, Lebih lengkap silahkan anda baca ini Daftar Distro Linux Terbaik dan Terpopuler

Itulah beberapa sistem operasi populer di dunia. sekian dari saya. Mohon jangan Copas artikel ini tanpa seijin penulis.
Title: Daftar Sistem Operasi Komputer yang Banyak Penggunanya ; Written by Trion socks ; Rating: 5 dari 5